Kegiatan / Event

Sep
19
Fri
Youth Interfaith Camp 2014: Merawat Pohon Kebhinnekaan @ Griya Krida Sekesalam, Jl Arcamanik Sekesalam, Desa Sindanglaya
Sep 19 @ 2:00 pm – Sep 21 @ 1:00 pm

Youth Interfaith Camp 2014

Merawat Pohon Kebhinnekaan

Kerjasama Gereja Kristen Pasundan dan Jakatarub

Kebhinekaan adalah kekayaan yang telah lama jadi identitas bangsa Indonesia. Sayangnya kekayaan tersebut terabaikan sekian lama, tanpa dirawat. Pembangunan bangsa, terutama selama masa Orde-Baru seringkali hanya berpilar pada kesejahteraan ekonomi, Sementara keberagaman, sebagai identitas kebangsaan yang seharusnya menjadi pilar tidak dibangun. Selepas reformasi, saat pilar ekonomi runtuh dan saat keran kebebasan dibuka lebar, generasi yang baru seolah gamang dan tak berpijak pada landasan yang jelas. Padahal buah dari keberagaman itu sudah lama sekali kita kecap. Walhasil, terjadi pergeseran. Identitas kebangsaan. Kita seringkali terseret-seret pada identitas luaran, entah itu berfokus pada trend fashion, teknologi dan ekonomi, maupun trend fundamentalisme agama.

Oct
1
Wed
Pemutaran dan Diskusi Film: Ordet (1955) @ GKI
Oct 1 @ 5:30 pm

GKI Kebonjati, komunitas JAKATARUB dan komunitas LayarKita mempersembahkan program nonton bersama & bedah film Ordet (Carl Theodor Dreyer, 1955, Denmark)

Tak banyak film bernuansa rohani yang dipuji oleh para kritikus film, bahkan terus ditelaah dan dijadikan referensi oleh para sineas generasi berikutnya. Berhasil keluar dari stereotip dakwah dan kesan menggurui, Ordet mendapatkan apresiasi tinggi bahkan dari kalangan non religius serta para pemerhati sinema.

Keluarga Borgen tinggal di pedesaan Denmark. Morten si kepala keluarga sudah lama menduda. Mikkel si anak sulung yang sederhana sudah berkeluarga, dan ia bukan seorang yang religius. Johannes si anak tengah agak terganggu jiwanya dan ia merasa dirinya adalah Yesus Kristus. Anders adalah si anak bungsu yang sedang kasmaran, namun ia ditolak calon mertuanya karena berbeda keyakinan.

Di jaman modern yang sangat permisif terhadap nilai-nilai keagamaan dan spiritualitas, Ordet mengajak kita menilik kembali esensi tentang doa, iman, dan mujizat. Bagaimana kita menyikapi dan menjalani keyakinan bila di dalam keluarga kita sendiri ada berbagai pandangan dan pemahaman mengenai iman dan mujizat? Ada yang meyakininya, ada yang tidak perduli, namun ada pula yang menolaknya dengan keras.

Pemutaran film akan dilanjutkan dengan pembahasan seru bersama: Nara sumber: Pdt. DR. Joas Adiprasetya Moderator: Pdt. Agnes I. S. Lukardie

Acara ini gratis, terbuka untuk umum.

Nov
2
Sun
Car Free Day Bandung Lautan Damai 2014 @ Jl. Dago Bandung
Nov 2 @ 7:00 am – 10:00 am

Kampanye Bandung Lautan Damai

Nov
9
Sun
Car Free Day Bandung Lautan Damai 2014 @ Jl. Dago Bandung
Nov 9 @ 7:00 am – 10:00 am

Kampanye Bandung Lautan Damai